Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Selamat Datang Di Blog MWC NU Punggur Kabupaten Lampung Tengah Masa Hikmad 2021-2026

Tiga Wirid Para Auliya' Yang Tak Pernah Dilupakan

Tiga Wirid Para Auliya' Yang Tak Pernah Dilupakan  - Kata wali bisa mempunyai banyak arti, yang akan admin bahas disini yaitu wali yang berkaitan dengan ibadah. Bukan wali murid atau wali yang lain. Wali adalah seseorang yang taat kepada Allah, orang yang sangat dekat dengan Allah. Kalimat jamak dari Wali adalah Auliya' atau beberapa wali. Para Auliya' karena mempunyai hubungan yang sangat dekat dengan Allah maka secara otomatis Auliya' ini banyak memiliki keistimewaan dan kekhususan tersendiri yang berbeda dengan manusia pada umumnya. 

Potho Ilustrasi Ulama'

Para Auliya' selalu beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, sebagaimana dijelaskan didalam surat Yunus ayat 62 dan 63, yang berbunyi :

أَلَآ إِنَّ أَوْلِيَآءَ ٱللَّهِ لَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ ,الَّذِينَ آمَنُوا وَكَانُوا يَتَّقُونَ


Artinya : “Ingatlah, sesungguhnya wali-wali Allah itu, tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati. (Yaitu) orang-orang yang beriman dan mereka selalu bertakwa.” (QS Yunus: 62-63)

Al-Hafiz Ibnu Katsir seperti dikutip Abdurrahman Ahmad As-Sirbuny dalam bukunya "198 Kisah Haji Wali-Wali Allah" berpendapat bahwa : 

"Wali-wali Allah adalah setiap mereka yang beriman dan bertakwa sebagaimana telah dijelaskan Allah tentang mereka, maka setiap orang yang bertakwa kepada Allah, dia adalah wali-Nya. Sesungguhnya tidak ada kebimbangan atas mereka, yaitu dalam menghadapi hal ihwal kiamat. Dan tidak pula mereka bersedih hati terhadap apa yang mereka tinggalkan di dunia."

Nabi Muhammad SAW Juga telah menyebutkan tentang wali-wali Allah dan karomah karomahnya, seperti dalam hadits-hadits berikut :

Rasulullah bersabda : "Allah berfirman aku pasti balas dendam bagi wali wali-Ku seperti balas dendamnya singa yang marah."

Rasulullah bersabda : "Sesungguhnya Allah mempunyai orang-orang yang jika mereka bersumpah dengan Allah, Allah pasti mengabulkan sumpahnya." (Mutafaqun Alaih).

Didalam kitab Shahih Al-Bukhari dijelaskan bahwa Rasulullah bersabda : "Allah berfirman: Siapa memusuhi wali-Ku aku mengaumkan perang terhadapnya. Hamba-Ku tidak mendekat kepada-Ku dengan sesuatu yang paling Aku cintai daripada apa yang Aku wajibkan kepadanya. Hamba-Ku tidak henti-hentinya mendekatkan kepada-Ku dengan ibadah-ibadah sunnah hingga Aku mencintainya. Jika Aku telah mencintainya Aku menjadi telinganya yang dia mendengar dengannya; Aku menjadi matanya, yang dia melihat dengannya; Aku menjadi tangannya, yang dia bertindak dengannya dan Aku menjadi kakinya, yang dia berjalan dengannya. Jika dia minta sesuatu kepada-Ku, Aku pasti memberi permintaannya. Jika dia meminta perlindungan kepada-Ku, Aku pasti melindunginya. (Shahih Al-Bukhari).

Tiga Wirid Para Auliya' Yang Tak Pernah Dilupakan


Demikianlah dasar-dasar tentang Wali atau Auliya' yang disebut sebagai kekasih Allah. Selain berbagai sumber diatas ternyata para Auliya' sangat dekat denga Allah karena Tiga Wirid Para Auliya' ini. Seperti yang pernah disampaikan oleh Al Habib Umar Bin Hafidz meriwayatkan bahwa Al Habib Ali Bin Hasan Al Attas  :

Ada tiga macam wirid yang tidak pernah berpisah dengan para Auliya' atau Sholihin, karena manfaat dari wirid ini yang sangat besar dalam hidup, baik di Dunia maupun Akhirat :

1. Membaca 100 x sebelum Solat Subuh :

سُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِهِ سُبْحَانَ اللهِ الْعَظِيْم ،اَسْتَغْفِرُالله

Kalimat tersebut dikenal dengan sebutan Istighfar para Malaikat.
.
2. Membaca 100 x sesudah Solat Dhuhur :

لاَإِلَهَ إِلاَّ اللهُ الْمَلِكُ الْحَقُّ الْمُبِيْن
.

Rasulullah Saw bersabda : “Siapa saja yang membaca kalimat ini, akan selamat (di jauhkan) dari kemiskinan dan akan menenangkan serta menyenangkan di alam kubur dari rasa kesepian."

3. Dan membaca sebelum Tidur :

33 x سبحان الله
33 x الحمدلله
34 x الله اكبر

Dan menutup dengan :

لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Kalimat-kalimat tersebut pernah diajarkan rasul kepada putri tercintanya Fatimatuz Zahro dan juga kepada menantunya Sayidina Ali bin Abi Thalib. Para Ulama' bersepakat bahwa ada rahasia besar dibalik bacaan Tasbih tersebut.

Wajar saja jika para Auliya' para Wali-Walinya Allah mempunyai banyak karomah yang tidak dimiliki oleh setiap manusia. Selain memang ahli ibadah beriman dan bertaqwa ternyata para Auliya' mempunyai Tiga Wirid yang tak pernah ditinggalkan.

Terimakasih, semoga bermanfa'at dan semoga kita bisa dengan istiqomah mengamalkan amalan yang Tiga Wirid Para Auliya' Yang Tak Pernah Dilupakan tersebut. Wassalam .... ( Andikabm )