Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Selamat Datang Di Blog MWC NU Punggur Kabupaten Lampung Tengah Masa Hikmad 2021-2026

Do'a Akhir Tahun Dan Do'a Awal Tahun Baru Hijriyah 1443 H

Do'a Akhir Tahun Dan Do'a Awal Tahun Baru Hijriyah 1443 H - Sebentar lagi kita menghadapi pergantian tahun baru Hijriyah yang saat ini tahun 1442 H, tinggal beberapa hari lagi tahun Baru 1443 H. Dalam pergantian tahun ini kita sebagai umat Islam disunahkan untuk mambaca do'a akhir tahun dan do'a Akhir Tahun. Tahun baru Hijriyah diawali dengan bulan Muharam, bulan yang penuh kemuliaan. Karena bulan Muharam termasuk salah satu dari bulan-bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT. Diantara bulan yang dimuliakan oleh Allah antara lain bulan Dzulhijah, Dzulqoidah, Muharam dan bulan Rajab
MWC NU Punggur Selamt Tahun Baru 1443 H

Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama ( LF-PBNU ) hari ini Ahad Legi tanggal 29 Dzulhijah 1442 H atau tanggal 8 Agustus 2021 mengadakan Rukyatul Hilal dibeberapa titik yang akhirnya mendapatkan laporan bahwasannya dari seluruh team yang ada di lokasi rukyatul hilal tidak melihat Hilal. 

Berdasarkan laporan tersebut maka Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama ( LF-PBNU ) memutuskan Bahwa Tanggal 1 Muharam 1443 bertepatan dengan hari Selasa Pon pada tanggal 10 Agustus 2021 M (mulai malam Selasa) atas dasar Istikmal yang berarti bulan sebelumnya disempurnakan 30 hari.

Dengan demikian pada hari Senin sebelum Maghrib kita sudah diperkenankan membaca do'a akhir tahun. Setelah maghrib atau malam Selasa membaca do'a awal tahun. Berikut ini bacaan doa yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW untuk dibaca di akhir dan awal tahun yang dikutip dari Habib Utsman bin Yahya dalam karyanya Maslakul Akhyar :

Do'a Akhir Tahun

 اَللَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هَذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْه وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوبَتِي وَدَعَوْتَنِي إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِي عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِي وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّي وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ

Artinya : “Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu-sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu. Karenanya aku memohon ampun kepada-Mu. Ampunilah aku. Tuhanku, aku berharap Kau menerima perbuatanku yang Kau ridhai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahala-Mu. Janganlah pupuskan harapanku. Wahai Tuhan Yang Maha Pemurah.”

Doa Awal Tahun

اَللَّهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِه، وَالعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ

Artinya : “Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan Iblis dan para walinya di tahun ini. Aku pun mengharap pertolongan-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. Kepada-Mu, aku memohon bimbingan agar aktivitas keseharian mendekatkanku pada rahmat-Mu. Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan.”


Demikian Do'a Akhir Tahun Dan Do'a Awal Tahun Baru Hijriyah 1443 H. Seluruh jajaran Pengurus MWC NU Punggur mengucapkan selamat menyambut tahun baru Hijriyah 1443H. Semoga kita diberi kesehatan dan keselamatan pada tahun baru yang akan kita hadapi. Dapat terbebas dari Pandemi Covid-19 yang sedang melanda, dan tentunya bisa menjalankan aktivitas seperti biasa lagi. Terimakasih ... semoga bermanfaat,..... Wassalam ... ( Andikabm)